Setelah Cabut Gigi, ngapain ya?

Setelah cabut gigi (ekstraksi gigi) ada beberapa hal yang harus dilakukan pasien dirumah, diantaranya adalah :

caabut gigi

  • Gigit kapas kuat-kuat selama 1 jam . Bila masih terasa berdarah, beri kompres es pada pipi di daerah gigi yang dicabut selama 10 menit , kalau perlu diulangi beberapa kali.
  • Setelah kapas dibuang, kumurlah dengan air dingin (ada yang menganjurkan dengan air teh pahit, yang sangat pekat dan dingin). Kumurnya harus perlahan-lahan, dengan air ditahan di dalam mulut selama 2-3 menit. Bila gerakan kumur terlalu kuat, maka akan mengganggu proses pembekuan darah pada luka bekas cabut. Selama 24 jam setelah pencabutan jangan berkumur keras-keras.
  • Jangan makan dan minum yang hangat atau panas, hindari pula makanan dan minuman beralkohol dan puasa merokok selama 24 jam setelah pencabutan
  • Jangan sering meludah
  • Jangan mengisap-isap lubang bekas pencabutan, dan jangan mengisap atau menyedot (misalnya merokok atau minum dengan sedotan)
  • Setelah 24 jam bila luka sudah benar-benar tidak berdarah lagi (sudah kering), maka kumurlah dengan air garam yang hangat. Ini untuk mempercepat penyembuhan luka. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari, misalkan setelah menggosok gigi atau setelah makan. Jaga kebersihan lubang bekas pencabutan.
  • Bila selama 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda berkurangnya perrdarahan maka kembalilah ke dokter gigi anda.

8 Comments

  1. andi said,

    September 1, 2008 at 4:22 pm

    Terimakasih atas infonya, kebetulan banget, insya ALLAH, lusa, pada hari rabu saya akan cabut gigi paling belakang atas! Sekarang udah deg-degan banget… semoga sy gak kenapa-napa deh, amien1000xxxxx!!!!

  2. Denote said,

    September 16, 2008 at 5:00 am

    hiiih… gawat nih… makin takut aja gw cabt gigi… tapi ga dicabut nyut2an melulu.. hiks….

  3. shnt said,

    November 27, 2008 at 4:31 am

    gambarnya bagus, he3 kmrrn saya juga baru aja cabut gigi, makanya nyari artikel yang kaya’ beginian…

    gigi gerahamku dah 2 yang dicabut, kata dokter yang pertama, wah… kedua gigi ini dah gangrem bk, jadi sblm dicabut musti diberi pre medikasi dulu, 1 minggu, dikasih antibiotik n asam mefenamat… trus dicabut, sukses deh hilang satu gigi…

    setahun kemudian, tepatnya kemarin, aku mo nyabut gigi ku yang satunya, yang katanya dah gangren juga…aku kira bakalan dikasih obat dulu, eee ternyata langsung dicanut aja…

    sebenernya ada SOP na nggak sih??? koq 2 dokter dengan treatmen yang beda…???

    bls ke emailku ya…makasih ato di aisyahteru.wordpress.com

  4. Yuddi said,

    January 5, 2009 at 7:52 pm

    Fotonya menarik, operatornya penulis kah?🙂

    salam,
    Yuddi

  5. novi said,

    May 19, 2009 at 12:45 pm

    infonya sangat membantu
    pada saat sekarang ini, memang sangat disayangkan para dokter gigi spesialis sangat berat diongkoseee..
    tapi tidaklah mengapa jikalau hasil memuaskan
    but, dalam posisi saya sekarang ini,
    saya sangat kecewa dengan dokter gigi, apalagi dengan pelayanan askes/jamsostek. pelayanan yang sangat buruk diberikan bagi beberapa dokter yang mata duitan&/kurang bertanggung jawab.yang ada gigi dicabut habis dan tidak adanya pelayanaan maksimal untuk menyelamatkan gigi dengan cara perawatan/menambal.
    tau beres&cabut. selesai.
    bagi para dokter yang kiranya melayani pasien,layanilah dengan sepenuh hati&tidak taukah kalo pasien yang datang ketempat praktek bergegar duluan sebelum berhadapan dengn dokter gigi??
    bagi par drg yg merasa hebat.wakaka…. maaf kata.
    layani pasien dg baik, walau butuh duit, juga butuh keprofesionalan kerja juga utk msyarakat umum.pencerminan drg yg baik.
    lebih bernilai tinggi dibanding para drg yg sok tau begitchuuu…
    wakaka
    forum curhat…

  6. June 1, 2009 at 9:22 am

    katherine, terima kasih banyak ya

    :-*

  7. ralm said,

    March 7, 2010 at 3:36 pm

    gila… sakit… TT
    setelah 45 menit lebih baru tercabut giginya.. TT

  8. dane said,

    February 27, 2012 at 9:37 am

    sumpweah gak mo gak mo cabut gigi lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii… mending kita tau pengetahuan ttg gigi dluan baru ke dokter gigi..dari pada dokter gigi nya yg punya pngetahuan tapi malas malasan memberikan informasi solusi kepada pasiennya (karna kita gk nanya katanya).. haiz yg punya job siapa coba >> en malah nanya pasiennya “jadinya mau di apaiiinn nihh gigi nya..?” haaakkkzzz.. tidak profesional drg jaman sekarang..
    mending periksa dan tanya sebanyak2 en treatment selagi masih bisa di treatment dan jangan di cabut jika tidak terpaksa (kata drg nya pepsodent^_^) ..hallahh malah curhatttt.. tulisan yg bagus..mari penuhi dunia dengan informasi kepada mereka yg blm mengetahuinya..keep healthy..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: